20/04/10

Kutau yang kumau.

Lulus kuliah seperti sarjana kebanyakan, saya melamar pekerjaan dari kantor ke kantor. Ada kantor yang ngasih syarat saya nggak boleh berbusana muslimah. Ada bank yang mo kasih saya kerjaan tanggung jawab S2 tapi gaji S1. Ada yang syarat utama lancar ngobrol bahasa Inggris.. hehehe... biarpun semfet kursus di sebuah lembaga pendidikan bahasa inggris tersohor, tapi krn jarang praktek, jd ttp aj kemampuan ngomong inggris saya marginal alias pas-pasan...

Bukan Fifi namanya, klo mudah menyerah pada keadaan... hehehe..

"dan bahwa, manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya." QS An-Najm 53:39

Saya fokus pada kelebihan yang saya miliki : Kalau saya sudah menginginkan sesuatu, dan apabila saya yakin bisa mendapatkannya, saya akan lakukan apapun untuk meraihnya.

I'm a fast learner. Saya mampu belajar hal-hal baru secara cepat.

Waktu luang saya gunakan untuk membaca, dan... menulis. Alhamdulillah 2 cerpen pertama saya langsung dimuat di sebuah majalah remaja yang terbit tahun 1996. Padahal ngirimnya juga cuma iseng-iseng, nothing to lose. Lumayan, honor yang saya terima cukup buat ongkos bolak-balik kampus legalisir fotokopi dokumen keperluan melamar pekerjaan.

Klo pingin menang dalam persaingan di dunia kerja, menurut saya, kita harus punya ketrampilan ekstra misalnya bahasa, trs saya jg harus siap kerja di bawah tekanan, siap terikat secara waktu (ada nggak ada kerjaan ttp hrs ngantor nine to five), siap terima kompensasi (gaji, penghargaan) kurang seimbang dengan kontribusi waktu, tenaga, dan pikiran yang saya curahkan untuk perusahaan. Harus rela kerja bareng tim yang gak asik, ga bisa seenaknya milih tim kerja. Tapi enaaak, penghasilannya tetap. Sibuk-nyantai, banyak-sedikit kerjaan, tetap gajian tiap bulan.

Alhamdulillah, akhirnya saya lolos juga diterima bekerja di perusahaan elektronik manufaktur asal Jepang, melalui tes yang seru, asik, melelahkan, menegangkan, dan 3 bulan masa percobaan yang benar2 menantang naluri kompetisi saya. Bayangin, dari sekian puluh pelamar yang saya kenal di kampus pinter-pinter amet, Allah Swt memilih saya menjadi IT Programmer perempuan yg pertama di perusahaan besar itu.

Seiring berjalannya waktu, saya makin kenal diri dan potensi saya, ternyata saya tipe orang yg mencintai 'kebebasan'. Saya suka pekerjaan yg waktunya fleksibel, saya yang tentukan sendiri jam kerja saya kapan saja, mau kerja dimana saja, berpartner dengan orang-orang yang saya suka saja, memilih strategi dan cara yang membebaskan kreatifitas saya, dan menentukan sendiri naik 'gaji' saya setiap bulannya. Saya suka pekerjaan yang rasanya kayak liburan, jalan-jalan ke tempat2 baru, silaturahim, ketemu teman-teman baru, berbagi ilmu dan tips baru, seru2an bareng ngadepin tantangan baru.

Jadi, klo banyak org tanya kenapa siiy udah cape2 berjuang dapetin kerjaan yang (kata orang) keren enak trs dilepasin gitu aja pindah ke Oriflame, apa nggak sayaaang..?

Life is a matter of choice... Hidup adalah Pilihan... Saya bukan orang yang senang hidup di masa lalu... Pengalaman ngedapetin kerjaan dan berkarir selama 7 tahun di kantor, adalah proses belajar... Sekarang saya punya visi yg jelas, kehidupan seperti apa yg saya inginkan 5-10 tahun yang akan datang... Seperti jargon sebuah iklan, kutau yg kumau...

Awalnya sih Oriflame cuma sambilan... begitu menghasilkan 2x lebih banyak dari gaji saya di kantor, baru deh saya memutuskan fokus Oriflame saja... sampe sekarang... bisa kerja dari rumah... jadi makin cinta... Alhamdulillah...

Saya pernah diminta ngisi materi Make Up versi Panggung/Kamera di sebuah diklat televisi. Saya jawab "Ya! Bisa bu!" Padahal saya blm tau make-up panggung/kamera tuw kek apa caranya. Saya punya waktu 1 minggu, saya 'nongkrong' di Gramedia, baca buku2 ttg Make Up, saya praktekin di rumah. Dua hari menjelang hari-H bos diklat tivi tsb telpon saya lagi, minta saya ngajarin Hair Do juga. Kembali saya jawab, "Ya! Bisa bu!" Langsung saya 'lari' ke sebuah Dept Store, belanja 3 buah harnet, sekalian minta diajarin cara pakainya sm SPGnya... hehehe... Alhamdulillah, hingga sekarang sudah ngajar 4 angkatan calon presenter di diklat tsb.


Nggak mau Fi, nyoba bisnis lain yg hasilnya lebih gede?
Mau aja, tapi konsekuensinya, donlen2ku akan terabaikan, secara mereka butuh waktu dan bimbingan saya untuk jadi Director Oriflame. Nha klo saya nyambi jalanin bisnis lain, saya nggak mau hasil setengah2, konsekuensinya saya harus curahkan segala potensi, kemampuan, waktu saya untuk membuat bisnis baru saya exploded juga. Orang lain sih bisa bilang, yaaa pinter2 loe atur waktu aj Fi..

Hidup adalah Pilihan... saat ini, di bisnis Oriflame inilah passion saya...

Barusan saya terima kabar dari salah seorang sodara, kemungkinan dalam waktu dekat, saya diminta, ngisi kelas materi dasar-dasar bisnis online / internet marketing. Alhamdulillah terus terang ge-er banget nih, tapi Gubrak !?!

Sapa yaaa, yg bersedia ngajarin saya... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar